HIPPA MARGO RUKUN GIAT NORMALISASI SALURAN AIR DAN PEMASANGAN PINTU AIR DEMI MAKSIMALKAN DEBIT AIR SAAT MUSIM KEMARAU DI ANTIROGO

  • Mar 20, 2024
  • KIM ANTIROGO
  • PEMERINTAHAN, EKONOMI KREATIF, INDUSTRI, PERTANIAN, INFO WARGA ANTIROGO

KIM ANTIROGO - Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Margo Rukun, melaksanakan kegiatan normalisasi saluran air dan pemasangan pintu air di dua lokasi berbeda guna meningkatkan debit air di masa musim kemarau, Proyek ini bertujuan untuk mengatasi masalah kekurangan air yang sering terjadi pada masa kemarau panjang.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua lokasi berbeda, Pertama normalisasi saluran air dilakukan di lingkungan Plinggian untuk mengatasi pengendapan lumpur dan bocoran yang menghambat aliran air dan yang ke dua pemasangan pintu air dilakukan di BK 6 Saluran 3 KA (Kanan) di lingkungan Trogowetan.

 

Arif Wibowo Selaku Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Margo Rukun kelurahan Antirogo menjelaskan bahwa tindakan tersebut diambil sebagai respons terhadap masalah kekurangan air yang sering dirasakan oleh petani dan masyarakat sekitar di saat musim kemarau tiba, "Kami berharap dengan normalisasi saluran dan pemasangan pintu air, debit air dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan irigasi Pertanian dan kolam Ikan," ujarnya.

 

Normalisasi saluran air diperlukan karena adanya pengendapan lumpur dan bocoran yang menghambat aliran air ke lahan pertanian, Sementara itu pemasangan pintu air diharapkan dapat mengatur aliran air secara efisien, terutama saat musim kemarau yang cenderung mengeringkan sumber-sumber air.

 

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat yang berharap agar masalah kekurangan air dapat di minimalisir, Mereka berharap bahwa dengan adanya normalisasi dan pengaturan aliran air yang lebih baik, produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat di masa mendatang.

Proyek ini direncanakan akan dilanjutkan dengan kegiatan pemeliharaan secara berkala untuk memastikan keberlangsungan aliran air yang optimal.(red)