HIPPA MARGO RUKUN KELURAHAN ANTIROGO SIGAP DALAM PERBAIKAN DAN PEMBERSIHAN SALURAN PENGAIRAN

  • Mar 13, 2024
  • KIM ANTIROGO
  • PEMERINTAHAN, LINGKUNGAN, INDUSTRI, PERTANIAN, INFO WARGA ANTIROGO

KIM ANTIROGO - Kelurahan Antirogo, yang terletak di Kabupaten Jember baru-baru ini upaya kolaboratif yang luar biasa dari HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) Kelompok ini melakukan aksi Pembersihan dan Perbaikan Saluran Pengairan yang Krusial bagi Pertanian di wilayah RT 1 RW 6 Plinggian.

 

Dalam upaya meningkatkan Efisiensi Irigasi dan menjaga Produktivitas lahan pertanian, HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) MARGO RUKUN Kelurahan Antirogo membersihkan dan memperbaiki saluran Pengairan yang telah lama menjadi masalah di daerah tersebut. Pembersihan dan perbaikan saluran ini penting sekali memastikan Suplai Air yang lancar ke lahan pertanian, terutama dalam musim tanam yang sedang berlangsung.

 

Ketua HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) MARGO RUKUN, ARIF WIBOWO, menjelaskan bahwa upaya ini bukanlah hal yang mudah, namun merupakan langkah yang sangat dibutuhkan bagi kelangsungan pertanian di daerah tersebut. "Hal ini adanya keluhan dari petani yang mana dalam kebutuhan Air tidak mencukupi sehingga kami melakukan pengecekan saluran sehingga kami melakukan perbaikan dan pembersihan saluran yang mana di temukan beberapa permasalahan diantaranya kebocoran dinding saluran dan tingginya wallet yang mencapai -+50 Cm, yang tersisa hanya 20 Cm dari ukuran awal disitulah terjadinya luapan air ke bahu jalan dan adanya saluran pengairan yang tersumbat dan rusak yang menghambat saluran”.

 

Dalam aksi bersama ini, HIPPA MARGO RUKUN tidak hanya membersihkan saluran dari tanaman liar dan sampah, tetapi juga melakukan perbaikan terhadap bagian-bagian yang rusak atau mengalami erosi, Melalui kerja keras dan semangat kebersamaan kelompok HIPPA kegiatan ini hanya bukan satu titik namun ada beberapa titik yang adak di gelar dan di kerjakan nya.

 

Aksi pembersihan dan perbaikan saluran pengairan yang dilakukan oleh HIPPA MARGO RUKUN ini tidak hanya merupakan pencapaian yang luar biasa bagi mereka, tetapi juga menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk bersatu dan bertindak demi kebaikan bersama dan kepedulian terhadap lingkungan harus terus ditanamkan sebagai fondasi bagi kemajuan dan keberlanjutan di berbagai komunitas petani di Kelurahan Antirogo.