KB (KAMPUNG BERKUALITAS) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN ANTIROGO MELALUI IMPLEMENTASI SDG'S DESA BERBASIS POTENSI LOKAL

  • May 30, 2024
  • KIM ANTIROGO
  • PEMERINTAHAN, LINGKUNGAN, PENDIDIKAN, KESEHATAN, INFO WARGA ANTIROGO

KIM ANTIROGO - Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) di Kelurahan Antirogo adalah bagian dari program nasional yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemberdayaan , Program ini bertujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). kegiatn ini meliputi berbagai aspek yaitu dari aspek kesehatan, pendidikan, Sosial dan ekonomi.

 

Kelurahan Antirogo, yang terletak di Kabupaten Jember terus menunjukkan komitmennya dalam upaya pemberdayaan masyarakat, Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga/Masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya. Dalam pertemuan rembuk KB (keluarga berkualitas) yang di selenggarakan di RT 2 RW 3 Lngkungan krajan, Diah Puspa Ningrum S,P.,M.Si. Menyampaikan “penting nya peningkatan dalam kesadaran sosial masyarakat, Hal ini tercermin dari berbagai inisiatif warga yang secara aktif berpartisipasi dalam program-program kemasyarakatan dan pembangunan daerah, Kolaborasi yang kuat antara pemerintah kelurahan dan masyarakatlah yang bisa membawa perubahan positif, menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan maju”.

 


Edi Swasono Menyampaikan “inovasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga, Berbagai program unggulan seperti Bina Keluarga Remaja (BKR), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), serta Sekolah Lansia Tangguh, Program-program ini bertujuan untuk memberdayakan remaja dan lansia, menciptakan lingkungan yang sehat dan harmonis”.


Program ini juga mendorong partisipasi orang tua dalam mendukung perkembangan anak-anak mereka, dengan demikian program tersebut dapat membantu menciptakan generasi muda yang lebih sehat, berpengetahuan dan pusat kegiatan positif bagi remaja dan yang sangat penting lagi di kalanagn masyarakat yaitu sosialisasi pencegahan pernikahan dini, dengan berbagai program pengembangan diri seperti kursus keterampilan, pelatihan kepemimpinan, dan kegiatan olahraga serta kesiapan  menghadapi masa depan serta membantu lansia mengatasi masalah kesepian dan depresi.


Dari Babinsa Menyampaikan kolaborasi dalam Kegiatan Yang ada di wilayah kelurahan Antirogo Siap Mendorong dan Membantu dalam mendampingi kegiatan2 yang positif yang membawa lingkungan masyarakat sejahtra dan berkembang di kelurahan antirogo.


Ibu Nunia selaku bidan sector kelurahan Antirogo menyampaikan usulan adanya kesehatan dan ramah lingkungan di sepanjang hilir sungai RW 3 yang sedikit memerlukan gotong royong mempeindah hilir sungai, Nunia memberikan usulan akan keindaha hilir agar di percantik dan di hias dengan tanaman kesehata oleh warga sekitar guna akan kebersihan dan kesehatan Lingkungan.


Dalam meningkatkan kesadaran sosial dan pentingnya administrasi kependudukan (adminduk) bagi masyarakat  Kelurahan Antirogo bertekad untuk terus menggerakkan berbagai kegiatan sosial dan edukasi di masyarakat  melalui upaya ini, masyarakat Antirogo bisa lebih sejahtera dan tertib administrasi, serta semakin sadar akan pentingnya berperan aktif dalam kehidupan sosial, Melalui perubahan pola pikir pemuda Antirogo karena generasi muda memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.


Lurah Antirogo  TEGUH TRI LAKSONO,S.E.,M.M. Menghimbau akan pentingnya Anminduk dan peran ibu – ibu itu sangat di butuhkan dalam merubah Kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru dan dengan adanya perbaikan lingkungan yang indah dan harmonis sehingga membawa antirogo lebih baik.

 

Dalam hasil kegiatan ini  semua aspirasi yang di sampaiakn akan di tampung sehingga mencapai komponen – komponen kegiatan yang bisa terrealisasi dalam masyarakat dan dari hasil musyawarah ini bisa membuahkan hasil.(red)