BIMTEK KPPS KELURAHAN ANTIROGO TAHUN 2024

  • Jan 30, 2024
  • KIM ANTIROGO
  • PEMERINTAHAN, POLITIK, INFO WARGA ANTIROGO

Pemilu 2024 semakin dekat, PPS Kelurahan Antirogo adakan Bimtek (Bimbingan Teknis) KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di Pendopo Kelurahan Antirogo. Bimtek KPPS merupakan pelatihan teknis yang diberikan kepada anggota KPPS terpilih saat melaksanakan tugas KPPS pada Pemilu 2024, mulai dari persiapan TPS (Tempat Pemungutan Suara), pencoblosan, hingga perhitungan surat suara. Jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ada di Kelurahan Antirogo yaitu sebanyak 33 TPS (Tempat Pemungutan Suara).


 Bimtek KPPS Kelurahan Antirogo dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu pada tanggal 26 Januari 2024 dan 27 Januari 2024. Pada Bimtek KPPS Antirogo sesi satu dihadiri oleh Anggota TPS 17 sampai TPS 33, dan pada sesi kedua dihadiri oleh anggota TPS 01 sampai TPS 16.


Bimtek KPPS Kelurahan Antirogo sesi satu di laksanakan pada hari jum’at tanggal 26 januari 2024 jam 18.30 di Pendopo Kelurahan Antirogo, yang dihadiri oleh Lurah  Antirogo, PPK Kecamatan Sumbersari, Ketua PPS  Kelurahan Antirogo dan Anggota, Ketua KPPS dan Anggota KPPS dari TPS 15 sampai TPS 33.


Bimtek KPPS bertujuan untuk memastikan setiap anggota memiliki pemahaman yang mendalam terkait tugas dan tanggung jawab anggota KPPS. Anggota KPPS diberikan materi mengenai tugas teknis, prosedur, dan mekanisme pelaksanaan pemilu, termasuk contoh kasus yang sering terjadi dalam pemilu dan cara penyelesaiannya pada saat Bimtek KPPS dilakukan. 


   Bimtek KPPS berisi pemaparan materi dan simulasi di lapangan, adapun materi Bimtek KPPS sebagai berikut : 
a.    Jadwal dan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara
b.    Pra Pemungutan Suara
c.    Persiapan Pemungutan Suara
d.    Pelaksanaan Pemungutan Suara
e.    Persiapan Perhitungan Suara
f.    Pelaksanaan Perhitungan suara
g.    Pencatatan Hasil Pemungutan Suarazz